Rajin Menulis Meskipun Sibuk

0 Comments

Lalu, apakah bisa menjadi penulis meski punya profesi lain?

Jawabannya: Tentu saja bisa. Banyak orang yang sibuk dan berhasil menulis, lho.

Saya berkenalan dengan dia, saat saya membuka kelas menulis online gratis di sebuah grup Fb. Anggota yang daftar sekitar 200 orang. Begitu mulai kelasnya, ada tugas menulis yang harus dikerjakan. Bila tidak dikerjakan ya gugur. Bagi yang tugas menulisnya lolos, saya buatkan grup baru sampai terseleksi sisa 20 orang saja. Nah, dari 20 orang itu tulisannya jadi sebuah naskah dan terbit bukunya dengan judul Jangan Mudah Mengeluh (Quanta).

Saya tidak ingin cerita soal buku itu di sini, tetapi tentang satu peserta yang sejak awal gigih sekali menulisnya. Berbeda dengan peserta lain yang kirim tulisan langsung utuh, dia mengirimkan tulisan hanya beberapa paragraf dulu. Ketika saya tanya, “Kok tulisannya cuma segini?”

Jawabnya, “Baru itu yang bisa diketik, Mas. Nanti lanjut lagi.”

Waktu itu, saya tidak tahu kalau dia seorang guru dan lagi sibuk kerja. Ternyata dia mengetik pada sela-sela waktu luang. Misalnya saat selesai mengajar, dia balik ke ruang guru dan mengetik, lalu kembali ke kelas lagi. Kemudian di rumah, dia lanjutkan lagi tulisannya. Besoknya dilanjutkan ngetiknya pada sela-sela waktu luang. Dengan cara seperti itulah dia merampungkan satu tulisan utuh.

Kini prestasinya semakin tak bisa dikejar temen-temen yang lain. Dia sering menang lomba menulis tingkat daerah, bahkan tingkat nasional, dan sekarang menulis buku juga. Keren, kan? Menulis justru terbukti telah mendongkrak karier utamanya.

Ada juga seorang teman yang sehari-hari berjualan online (pedagang), dan dia berhasil membuat buku. Dia juga menang lomba menulis. Apa pun profesinya, tetap bisa menulis.

Kalau mau fokus jadi penulis saja? Ya bisa banget. Banget-banget hasilnya!

Oleh: Dwi Suwiknyo

One Reply to “Rajin Menulis Meskipun Sibuk”

  1. Salut dengan beliau (penulis yang rajin), terima kasih Pak. Tulisannya menginspirasi dan mengingatkan bahwa sesibuk apa pun, asalkan ada niat, insyaallah bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts